Home Daerah Menjelang Pergantian Tahun, Penyeberangan ke Gili Trawangan di Tutup

Menjelang Pergantian Tahun, Penyeberangan ke Gili Trawangan di Tutup

1907
0
SHARE
Menjelang Pergantian Tahun, Penyeberangan ke Gili Trawangan di Tutup
Penyeberangan menuju Gili Trawangan. Photo by caderabdul.wordpress.com

lombokonline.co.id – Selain wisatawan mancanegara, juga wisatawan nusantara, penduduk lokal Pulau Lombok juga nampaknya banyak yg menjatuhkan pilihan untuk tahun baruan di Gili Trawangan. Untuk menghindari membludaknya Gili Trawangan, Dishubkominfo (Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) akan membatasi jam penyeberangan menuju Gili T.

“Agar arus libur tahun baru tetap lancar dan meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan, kami akan kirim personil juga kesana,” ujar Kadishubkominfo Kabupaten Lombok Utara, Sinar Wugiyarno, Rabu (14/12).

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan jam penutupan penyeberangan menuju Gili Trawangan. Sebab, Dishubkominfo belum menggelar rapat dengan pihak-pihak terkait.

“kita sepakati bersama nanti di waktu rapat dan akan diumumkan di spot spot penyeberangan,” tegasnya.

Meninjau peraturan tahun-tahun sebelumnya, penyeberangan menuju Gili Trawangan pada malam pergantian tahun dibatasi hingga pukul 19.00 wita, bisa jadi tahun ini ditutup lebih cepat. Sinar Wugiyarno juga sangat setuju dengan sistem pemeriksaan identitas bagi pengunjung Gili. Menurutnya, keamanan di malam perayaan tahun baru adalah prioritas dan kewajiban semua pihak.

“Itu kan tujuannya baik, bukan membatasi kebebasan orang untuk ber-tahun baru. Maksudnya supaya tidak semua orang bisa bebas keluar masuk kesana, ini juga kan sebagai upaya mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan. Pemeriksaan KTP atau Pasport juga aturan yang bagus, yang tidak membawa identitas jangan diijinkan masuk. Kita tidak tahu siapa diantara pengunjung yang membawa barang-barang terlarang dan sebagainya, pokoknya kali ini jangan sampai ada lagi isu-isu teror bom seperti tahun lalu” lanjutnya.

Rencananya, aparat Desa setempat yang didampingi APGT akan bekerjasama dengan pengaman pulau / security Island, juga kepolisian dan jajaran TNI untuk memeriksa pengunjung yang masuk ke Gili Trawangan pada perayaan pergantian tahun 2017 nanti. Bahkan pembagian wilayah pintu masuk juga akan diberlakukan, yaitu hanya melalui pelabuhan dan dermaga jetty yang tersedia dan disepakati.


Facebook Comment