Home Pariwisata Setelah Mekaki Marathon, Jangan Lewatkan Mandalika Trail Marathon 2017

Setelah Mekaki Marathon, Jangan Lewatkan Mandalika Trail Marathon 2017

34
0
SHARE
Mandalika Marathon, September 2017

lombokonline.co.id, Mataram – Cerita Mandalika, kawasan yang sedang dipersiapkan menjadi 10 Bali Baru, seperti tak pernah ada habisnya. Setelah menyelesaikan pembebasan lahan dan mematangkan pembangunan Sirkuit MotoGP di Lombok, NTB, ada Mandalika Marathon 2017 yang siap dihelat di sana.

Acara ini mengkombinasikan lomba lari marathon dengan pemandangan Pantai Kuta Mandalika yang eksotis. Konsep acaranya tak jauh beda seperti Nusa Dua Culture Run 2017.Agenda yang digelar oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dan RajaMICE, di Mandailika, 2 September 2017 itu mengkombinasikan run dengan fun. Pelari akan diajak berpetualang menerabas pemandangan bahari dan kawasan heritage yang sudah world class di Mandalika. “Acara ini membidik wisatawan yang belum pernah ke Mandalika,” kata Jatmiko K. Santosa, Wakil Direktur Utama ITDC, Minggu (9/4).

Dan jangan takut rugi bila ke Mandalika. Pesona destinasi wisatanya ada di atas rata-rata. Berada di Pulau Lombok, Mandalika pun “kecipratan” label wisata halal sebagaimana pulau itu. Dua pengakuan langsung disabet, yaitu “The Best Halal Destination” dan “The Best Honeymoon Destination” di World Halal Travel Award 2015. Dan saat ini, Mandalika sudah menjadi bagian dari kawasan 10 destinasi prioritas.

Dasar penentuannya sebagai prioritas juga berdasarkan data. Banyak wisatawan dari Timur Tengah dan negara-negara yang penduduknya mayoritas Muslim menyukai destinasi di daerah tropis. Kebetulan, Lombok punya predikat pulau 1.000 masjid. Dan wilayahnya juga ada di daerah tropis.

“Para pelari akan melakui rute perjalanan yang dengan pemandangan Pantai Kuta Mandalika di sisi kanan dan kiri. Sebagai salah satu dari 10 Bali Baru, kawasan wisata Mandalika memang membutuhkan event seperti ini guna terus mendulang wisatawan,” ujar Jatmiko.

ITDC, selaku pengembang kawasan wisata Mandalika, memang menjadikan sport tourism sebagai salah satu strategi membuat Mandalika mendunia. Selain lomba lari, ITDC juga menggagas pembangunan Sirkuit MotoGP. Dalam proyek ini, ITDC menggandeng investor asal Prancis, Vincy.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung kreasi membuat even-even kelas dunia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok.

“Planning yang matang, lalu actions yang cepat dengan prinsip WinWay, Wonderful Indonesia Way, Solid, Speed, Smart. Makin hebat atraksi, makin global standart, makin kuat positioning Mandalika sebagai destinasi prioritas,” kata Menpar Arief Yahya. (kmb/balipost)


Facebook Comment

LEAVE A REPLY