Event MNEK 2018, Kapal Perang Belasan Negara Datang Ke Lombok

by Jackysan
1365 views
Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 di Lombok

LOMBOKONLINE.co.id, Mataram – Armada perang angkatan laut dari 17 negara akan meramaikan kegiatan “Multilateral Naval Exercise Komodo” (MNEK) di kawasan perairan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada awal Mei 2018.

“Sampai saat ini ada 25 negara yang sudah konfirmasi untuk hadir dalam MNEK 2018, dan dari jumlah itu tercatat 17 negara akan membawa kapal perang dan pesawat, bahkan siswa perwiranya juga akan diikutsertakan,” kata Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede N Ary Atmaja ketika ditemui di salah satu hotel di Kota Mataram, Selasa (6/3).

Kegiatan kemaritiman yang lahir dari inisiasi Mabes TNI AL ini ditujukan untuk mempererat ikatan kerja sama antara angkatan laut di seluruh dunia. Tidak heran, katanya, jika dalam kegiatan MNEK yang digelar untuk ketiga kalinya pada tahun 2018 ini, banyak negara yang ikut berpartisipasi dengan mendelegasikan para perwira dan armada perang angkatan lautnya.

“Latihan bersama yang melibatkan banyak negara ini juga salah satu tujuannya untuk membangun kepercayaan angkatan laut negara-negara di dunia, khususnya yang berkaitan dengan keamanan maritim,” ujarnya.

Ary Atmaja sebelumnya hadir dalam pertemuan persiapan tahap akhir dengan para perwira angkatan laut delegasi negara-negara yang akan turut memeriahkan kegiatan MNEK 2018.

Pertemuan yang disebut “Final Planning Conference” (FPC) tersebut dihadiri para perwira dari Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Singapura, Tiongkok, Polandia, Brasil, Meksiko, Rusia, Australia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Peru, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Prancis, Myanmar, dan Srilanka.

Selain mendiskusikan persiapan akhir dari kegiatan kemaritiman skala internasional itu, TNI AL juga mengajak para tamu undangan untuk meninjau lokasi yang akan masuk dalam rangkaian kegiatannya.

Ada sejumlah kegiatan pembangunan infrastruktur yang berlokasi di Kabupaten Lombok Utara, seperti “Engineering Civic Action Program” (ENCAP). Kemudian, ada bakti kesehatan, dan “medical civic action program” (MEDCAP).

Selanjutnya, di salah satu destinasi wisata Kabupaten Lombok Utara, yakni di Gili Trawangan rencananya akan menjadi lokasi transplantasi terumbu karang. Sedangkan di Kabupaten Lombok Barat, yakni di Pelabuhan Lembar, akan ada kegiatan inspeksi armada. Begitu juga dengan sejumlah lokasi lainnya akan menjadi pusat kuliner dan atraksi sailing pass armada perang angkatan laut.

Courtesy of : republika

You may also like

Leave a Comment