Home » Festival Pesona Senggigi 2018 Dimulai

Festival Pesona Senggigi 2018 Dimulai

by Jackysan

LOMBOKONLINE.co.id, SENGIGI — Salah satu even pariwisata dan budaya terbesar, Festival Senggigi digelar 21-22 September. Ini adalah even tahunan tertua yang menjadi andalan utama Pemkab Lombok Barat maupun Pemprov NTB.

Tahun ini, Festival Senggigi digelar dengan nama Festival Pesona Senggigi mengusung tema Rowah Asuh Gumi. Tema ini berarti Syukuran Merawat Bumi yang berkait dengan recovery pariwisata pasca rentetan bencana gempa yang melanda Lombok sejak akhir Juli lalu. 

Karena itu selain ragam atraksi budaya yang selalu ditampilkan tahun ini Festival Pesona Senggigi 2018 akan dirangkai dengan trauma healing sebagai salah satu komitmen mendukung #NTBBangkit. Trauma heling disini tidak hanya untuk warga namun juga para pelaku pariwisata agar lekas pulih dari suasana gempa.

Nuansa #NTBBangkit memang sengaja dijadikan suguhan dalam pelaksanaan ajang tahunan yang dipusatkan di Pantai Senggigi ini. Hal ini untuk mempercepat pemulihan kondisi warga pascagempa. #PesonaFestivalSenggigi

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Ispan Junaidi menyebut pihaknya ingin suatu program pariwisata yang sekaligus mampu membantu masyarakat menghilangkan rasa trauma atas gempa yang terjadi selama ini. 

“Program-program trauma healing masih dibutuhkan oleh masyarakat Lombok, itulah sebabnya Festival Pesona Senggigi juga akan menyuguhkan rangkaian kegiatan trauma healing disamping kegiatan kebudayaannya”, ungkap Kadisbudpar. #PesonaFestivalSenggigi

Soft Opening Festival Pesona Senggigi 2018 telah dilakukan setelah ditutupnya kegiatan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 yang berlokasi di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Kabupaten Lombok Barat.  Soft opening dilakukan oleh Staf Khusus Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Buyung Lalana. 

Sebelum membuka Festival Pesona Senggigi 2018, Buyung juga turut mengapresiasi Pariwisata NTB yang memiliki beragam festival yang kerap dilaksanakan setiap tahunnya. Menurutnya hal ini merupakan langkah yang baik. Bahkan, Buyung juga turut meminta agar adanya kegiatan baru yang mampu mendongkrak promosi potensi bawah laut yang ada di Lombok.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi pariwisata NTB, karena begitu semangat melaksanakan festival pariwisata”, ucap Buyung. 

“Kalau boleh usul, coba buat kegaitan Lomba Foto Bawah laut, saya yakin ini sangat ampuh mempromosikan potensi bawah laut. Inilah yang terjadi pada Raja Ampat. Pesertanya pasti akan berskala internasional”, lanjutnya. 

Festival Pesona Senggigi 2018 akan dilaksanakan pada 21-22 September 2018 bertempat di kawasan Pantai Senggigi dan Pasar Seni Senggigi. 
Festival Tari Daerah, Pertunjukan Gendang Beleq, Bazar, Trauma Healing, Ragam Lomba dan Hiburan lainnya adalah rangkaian kegiatan yang akan disuguhkan dalam Festival Pesona Senggigi 2018.

Seluruh rangkaian kegiatan Festival Pesona Senggigi ini akan dimulai sejak pukul 09.00 wita pagi hari, dan diajdwalkan akanb berakhir hingga pukul 23.00 wita di malam harinya. #PesonaFestivalSenggig. (jq)

You may also like



Awesome Facebook Comments