Lombok Utara Bangun Bale Pusaka Adat untuk Menarik Wisatawan

by Jackysan
653 views
Lombok Utara Bangun Bale Pusaka Adat untuk Menarik Wisatawan

LOMBOKONLINE.co.id, Lombok Utara– Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) membangun Bale Pusaka Adat Sesait. Bangunan tersebut nantinya difungsikan untuk menyimpan benda-benda pusaka, pubakala warisan leluhur. Kegiatan ini sekaligus mendukung program pemerintah meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lombok Utara.

“Tentu kita sangat mendukung pelestarian adat dan budaya ini. Karena itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dapat membantu menganggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pembangunan tersebut,” kata Bupati KLU Najmul Akhyar di Sesait, KLU pada pembangunan Bale Adat, Jumat (15/2).

Dikatakan, beberapa ornamen, prasasti, peninggalan benda purbakala dapat ditampilkan sekaligus dipamerkan bagi wisatawan yang datang berkunjung di desa tersebut. Disamping sebagai upaya melestarikan lembaga pranata budaya Sesait.

Menurut Najmul, dibutuhkan gagasan atau ide cemerlang yang saling mendukung untuk melestarikan adat dan budaya daerah. Adat dan budaya menjadi pertahanan moral anak-anak genarsi penerus bangsa.

Kepala Desa Sesait Raden Sawinggih menjelaskan, pembangunan Bale Pusaka Adat Sesait ini menjalani proses cukup lama. Dengan menggali informasi masyarakat sehingga terbentuklah rencana dengan memadukan masjid kuno dan tambahan bangunan yang dulunya ada.

Diantaranya bale yang difungsikan sebagai tempat menginap masyarakat yang dari luar Sesait saat acara maulid adat,” katanya.

Dikatakan, di bale adat tersebut nantinya juga disiapkan perpustakaan adat dan naskah kuno. Perpustakaan nantinya akan digunakan sebagai tempat sekolah pembelajaran adat.

Selain itu, ada bangunan lumbung, membuat pasar kreatif desa yang terkoneksi dengan Bale Pusaka.

“Anggarannya pembangunan bale adat ini kita sisihkan dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan dukungan dari pemda KLU,” kata Raden.

You may also like

Leave a Comment