Rinjani Menyimpan Potensi Wisata Yang Tak Ternilai

by Jackysan
6 views

LOMBOKONLINE.co.id – Berbicara Gunung Rinjani bukan hanya tentang pendakian, potensi agroindustri, geologi dan pariwisata patut untuk kita perbincangkan dan menarik untuk dikaji lebih mendalam.

Secara geologi, Rinjani menyimpan rahasia yang belum banyak diungkap. Bagaimana proses pembentukan danau segara anak misalnya, atau potensi bebatuan dan sendimen yang ada dijalur pendakian. Menarik untuk dikaji selain Rinjani memang menyimpan potensi yang sangat bernilai bagi kehidupan masyarakat lingkar Rinjani.

Seperti yang kita tau bahwa Rinjani juga merupakan cagar biosfer, menyimpan kandungan air sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat pulau Lombok.

Potensi ekonomi Rinjani salah satunya adalah melalui agroindustri. Hampir dapat dipastikan lahan disekitar Rinjani adalah lahan produktif, bahkan merupakan sumber penghidupan masyarakat. Agroindustri Sembalun misalnya, dapat dikembangkan secara lebih luas sehingga hasil dan mampu menopang kebutuhan hasil agro yang hingga kini sebagian masih impor dari luar pulau Lombok.

Hamparan pertanian di lingkar Gunung Rinjani pun, selain menjadi sumber kehidupan juga menawarkan pesona yang sungguh menawan. Hal ini dapat diolah sehingga muncul banyak agrowisata berbasis pertanian maupun perkebunan. Dari sisi ini akan timbul multiefek ekonomi, selain hasil pertaniannya, proses bercocoktanam-nya juga dapat dijual menjadi atraksi wisata. Tentu ini menarik bagi sebagian wisatawan yang sehari-harinya dihadapkan pada kejenuhan aktifitas kantor dan gedung gedung bertingkat. Kedepan, segmen ini patut dikembangkan secara serius sebagai agrowisata.

Selain itu, Sembalun dan juga lingkar Rinjani dikenal dengan produksi kopinya yang menasional. Saat ini kopi Lombok mulai dikenal dan sejajar dengan kopi daerah lain yang lebih dulu menasional seperti Aceh, Flores maupun Toraja. Tentu ini potensi yang wajib kita kembangkan dan jaga bersama agar mampu menjadi sumber pendapatan bagi lokal.

Leave a Comment