5 Destinasi Pilihan Terbaik di Pulau Sumbawa

by Jackysan

LOMBOKONLINE.co.id, Sumbawa – Sumbawa adalah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan dari pulau Lombok oleh selat Alas. Pulau ini juga bertetangga dengan Pulau Komodo, dipisahkan oleh selat sape. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatannya dan laut Flores di sebelah Utara.

Sumbawa adalah pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat, diberkati dengan Kemegahan gunung Tambora yang masih aktif, serta memiliki Laut dan juga pantai yang indah. Siapa saja yang mencoba diving dan snorkeling di pantai-pantai dan laut di kawasan pulau Sumbawa dijamin tidak akan kecewa.

Apa saja tempat wisata terbaik di Pulau Sumbawa? Yuk kita eksplore.

1. Poto Tano

Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa. Photo credit : in_drams

Poto Tano adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan merupakan pintu gerbang menuju Sumbawa saat kamu menumpangi kapal ferry dari pulau Lombok. Poto Tano dikategorikan sebagai salah satu spot wisata di wilayah Sumbawa Barat karena panorama alamnya yang menarik. Gugusan pulau kecil seperti Kenawa, perbukitan yang hijau dan asri dan juga pesisir pantainya yang memutih, adalah keindahan alamnya yang sulit dilupakan. Bahkan, jika cuaca cukup cerah, kamu bisa melihat Gunung Rinjani Lombok di seberangnya.

2. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa. Photo credit to IG @daraanjani_

Tidak perlu bingung antara Pulau Kenawa di Sumbawa dan di Flores. Apapun namanya, pulau ini merupakan salah satu objek wisata terindah di Sumbawa yang memiliki padang rumput yang indah serta hektaran pasir lembut. Pulau yang tak berpenghuni ini terbentang dengan luas sekitar 15 hektar. Kamu bisa mengunjungi tempat ini di siang hari dan bersnorkeling ria di lautnya sambil menikmati pemandangan bintang laut, kuda laut, kepiting dan aneka warna keindahan bawah laut.

Jika kamu ingin bermalam lebih lama di sini, kamu bisa berkemah sebagai bagian dari tur yang sudah kamu rencanakan. Dari pelabuhan Poto Tano, kamu perlu membayar jasa penyeberangan perahu nelayan dengan kisaran harga 200K s/d 350K untuk jasa antar jemput ya.

3. Lakey

Pantai Lakey. Photo credit to IG @lakey_beach_sumbawa

Lakey adalah salah satu area surfing terbaik di pulau Sumbawa, tepatnya di kabupaten Dompu. Di sepanjang garis pantainya kamu akan menemukan banyak gelombang selancar yang sudah pernah diabadikan oleh banyak peselancar terkenal. Kamu bisa melihat ada banyak traveler dan pengunjung yang datang ke tempat ini dan di sini disediakan juga tempat makan dan beberapa bar di sekitar pantai. Bagi yang berwisata ke pulau Sumbawa bagian timur, lakey merupakan pilihan destinasi yang sangat tepat.

4. Pulau Moyo

Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo Sumbawa

Dua kilometer ke arah utara pulau Sumbawa kamu bisa bertemu dengan pulau Moyo. Pulau ini merupakan rumah dari taman nasional Pulau Moyo yang selalu memaparkan begitu banyak keindahan alam di sekitarnya. Batu karang Di sini begitu spektakuler sehingga bagi kamu yang ingin diving, ini adalah pilihan yang pas. Di daratannya, kamu bisa trekking melewati taman dan berkesempatan menemukan Kadal dan babi hutan.

Pulau Moyo ini juga terkenal memiliki 20 jenis kelelawar yang berbeda beda. Jadi bagi para pecinta alam atau penyuka bird photography jangan sampai kamu melewatkan kunjungan ke pulau ini.

5. Air terjun Kalela di Jereweh

Air Terjun Kalela, Jereweh KSB. Photo credit to IG @explore.lomboksumbawa

Sumbawa adalah pulau yang dikelilingi oleh banyak air terjun. Salah satu air terjun yang sangat cantik di kabupaten Sumbawa Barat adalah air terjun Kalela di desa Jereweh. Kurang lebih 90 menit waktu tempuh dari Pelabuhan Pototano menuju arah Kota Taliwang, kemudian lanjut lagi menuju arah Desa Labuan Lalar dan sampai di Jereweh, Sumbawa Barat.

Air terjun Kalela atau juga disebut air terjun Semporon Tangkil, Kalela, Ai Koa dan Janup ini bentuknya sangat unik, tidak seperti air terjun kebanyakan. Air Terjunnya jatuh dari sebuah tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua. Di tebing tersebut tumbuh beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan akar-akar panjang yang merambat di sekitar air terjun. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang airnya berwarna hijau. Perpaduan air terjun, tebing berongga, akar-akar pohon, dan kolam berair hijau menciptakan panorama alam yang mengagumkan.

Meski memang tidak mudah untuk mencapai ke lokasi air terjun ini, namun semua orang yang pergi ke lokasi air terjun ini sangat puas karena begitu sampai, pemandangan indah akan langsung terpampang di depan mata. Nah, biar hasil foto kamu smakin aesthetic, pastikan pula kamu mendapati pepohonan yang Menjulang tinggi dengan akar yang tebal dan membungkus karang di sekitarnya ya

Leave a Comment

Artikel Terkait