5 Oleh-oleh Khas Lombok yang Paling Populer

by Jackysan

LOMBOKONLINE.co.id, Mataram – Indonesia terkenal dengan limpahan budaya dan makanan khas di tiap daerah. Nah buat yang ke Lombok NTB dan ingin membawakan orang terdekat oleh-oleh gak perlu bingung, 5 oleh-oleh khas Lombok yang paling populer ini bisa kamu bawakan untuk teman, kolega, dan keluarga. Apa saja ya? Intip yuk!

1. Keripik Ares

Keripik Ares
Source : instagram.com/lombokfood03

Ares atau batang pisang di Lombok biasa diolah sebagai hidangan tradisional khas Lombok. Nah selain dibuat menjadi sayur ares, bagian pisang yang satu ini juga bisa dikreasikan menjadi keripik. Cukup memakai bumbu sederhana seperti ketumbar, bawang putih, dan garam, serta telur dan tepung bisa menghasilkan snack gurih dan nikmat. Keripik ini sudah banyak dijual di toko oleh-oleh lho. Tentunya bisa kamu jadikan pilihan untuk dibawa pulang.

2. Dodol dan Manisan Rumput Laut

Permen dodol rumput laut
Source : instagram.com/phoenixfood_online

Menyeruput es rumput laut adalah hal biasa, Nah bagaimana kalau dodol? Coba deh membawa pulang oleh-oleh khas Lombok yang satu ini. Kenyal dan bercita rasa manis adalah ciri khas dari kudapan dodol rumput laut. Karena memiliki banyak pantai, Lombok merupakan penghasil rumput laut. Untuk itu hasil lautnya bisa dimanfaatkan menjadi berbagai olahan, termasuk dodol rumput laut yang biasa dijadikan camilan ini. Penyuka manis pasti bakal doyan menikmati legitnya dodol berbahan alami ini.

3. Keripik Daun Kelor

Keripik Kelor
Source : instagram.com/lilissannisaardani

Kalau berkunjung ke kota Malang kita bakal menemukan banyak keripik buah. Nah, sementara itu, kalau di Lombok, daun kelor yang bermanfaat juga bisa diolah menjadi keripik. Sama dengan keripik ares, camilan berbahan baku daun kelor inipun memiliki rasa yang gurih dan sedap. Di beberapa daerah di Indonesia memang kurang populer dengan daun kelor, justru di Lombok sangat mudah dijumpai mulai dari pohon hingga daunnya yang dijual di berbagai tempat. Sayur daun kelor juga menjadi menu andalan di daerah ini lho.

4. Terasi Lombok

Terasi khas Lombok
Source : instagram.com/zaza.magnolia

Makanan di Pulau Lombok banyak yang memanfaatkan terasi sebagai bahan pelengkapnya. Untuk itu terasi dari Lombok memiliki popularitas tersendiri . Karena cita rasanya yang berbeda dengan terasi pabrikan, terasi khas Lombok ini diklaim lebih gurih dan rasa asinnya juga terasa khas. Karena gak semua orang suka dengan aroma terasi yang menyengat, pastikan orang yang akan kamu beri oleh-oleh merupakan penggemar olahan fermentasi udang ini, ya.

5. Telur asin bakar

Telur Asin bakar
Source : instagram.com/kulinerbrebeshits

Telur asin adalah Makanan yang kerap dijadikan pendamping rawon. Meskipun yang terkenal di Indonesia adalah telur asin dari Brebes, tapi telur asin dari Lombok punya rasa yang berbeda dengan yang lainnya, lho. Karena telur asinnya dibakar, ada sensasi smokie yang bisa kamu dapatkan dari makanan ini. Telur asin bakar ini cocok buat kamu yang ga suka terlalu asin. Wow, unik yah.

Leave a Comment

Artikel Terkait