Penandatanganan PKT Polda NTB dan LKBN Antara di Perayaan Hari Pers Nasional

by Jackysan

LOMBOKONLINE.co.id, Mataram – Hari Pers Nasional (HPN) dirayakan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) bersama insan pers NTB dan Pejabat Utama (PJU) Polda NTB di lapangan hangar Polda NTB, Rabu kemarin (10/02/2021).

Di samping perayaan HPN, dilaksanakan pula penandatanganan Pedoman Kerja Teknis antara Bidang Humas Polda NTB dan LKBN Antara Biro NTB. Usai penandatanganan ini, dilanjutkan dengan penyampaian ucapan oleh Kapolda NTB, Irjen. Pol. Moh. Iqbal S.I.K. MH. Ucapan ini disampaikan kepada segenap insan pers di NTB.

MoU Pedoman Kerja Teknis Polda NTB dan LKBN Antara Biro NTB

Di sela acara, dijelaskan bahwa penandatanganan Pedoman Kerja Teknis merupakan kelanjutan dari kerjasama di tingkat pusat. Yakni antara Divisi Humas Polri dan Perum LKBN Antara di Gedung Wisma Antara. MoU ini ditandatangani di Jakarta, 4 Desember 2019.

Irjen Iqbal juga menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan hal strategis dan progresif. Lebih lanjut, menurutnya, PJU dan seluruh Kapolres di wilayah hukum NTB, diminta untuk secara teknis melakukan kajian, memasukkan informasi melalui kanan ‘Polisi Menyapa’, serta kesempatan dari kerjasama ini tidak sia-sia dan terus berkembang.

MoU antara Polri dan LKBN Antara ini berisi kesepakatan kedua belah pihak, dalam hal pemanfaatan potensi dan kompetensi di bidang kehumasan.

Polda NTB Sampaikan Apresiasi Bagi Pers NTB

Di acara Perayaan HPN ini, hadir pula Wakapolda NTB, segenap PJU dan diikuti pula secara online oleh semua polres di NTB. Mereka mengikuti acara melalui video conference. Kepala LKBN Antara Biro NTB dan beberapa wartawan media, turut hadir langsung mengikuti keseluruhan rangkaian acara.

Selain menyampaikan ucapan selamat, Kapolda NTB juga mengapresiasi kinerja pers NTB. Apresiasi ini menggaris_bawahi peran aktif pers dalam memberikan informasi positif bagi masyarakat.

“Meski di tengah pandemic, pers masih bisa berbuat banyak bagi masyarakat. Mengutip kata-kata dari Gubernur NTB, ‘Secercah harapan di tengah ruang yang gelap’,” ungkap Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Saat menyinggung pandemic, Kapolda NTB menyatakan bahwa pandemic tidak akan pernah selesai. Namun, ia tetap berharap, pandemic ini bisa menjadi seperti penyakit biasa. Kemudian masyarakat bisa hidup berdampingan, seperti penyakit-penyakit pandemic sebelumnya.

Secara khusus, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga mengapresiasi kinerja Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto S.I.K. Kabid Humas Polda NTB telah berhasil menjalin hubungan baik dengan segenap insan pers di NTB.

“Bayangkan jika sekian juta warga NTB membaca berita yang jelek. Seketika itu akan berubah image NTB. Tetapi, jika diberitakan hal yang baik, maka baik pula image yang didapat pihak tersebut. Terlebih pihak kepolisian di NTB,” tambahnya lebih jauh.

Konsep senada yang diusung komunitas relawan GenPI Lombok Sumbawa. Yakni mengutamakan rilis dari sisi positif. Di samping dasar utama promosi pariwisata, adalah ‘menjual’ ptensi terbaik destinasi, dengan target didatanginya destinasi tersebut oleh wisatawan.

Re-write rilis oleh: Muslifa Aseani (kadiv Humas GenPI Lombok Sumbawa)




Komentar Keren

Artikel Terkait